Welcome to media belajar prakarya dan kewirausahaan di SMAN 1 Praya

Minggu, 29 Juni 2014

Apa Pentingnya Kita Belajar Wirausaha Itu?

Apa Pentingnya Kita Belajar Wirausaha Itu?

Apa Pentingnya Kita Belajar Wirausaha Itu? apakah itu menjadi pertanyaan anda berikutnya? jika ya marilah coba kita mengulasnya dalam postingan ini dan saya tentu sebagai guru berharap semoga apa yang dibahas dalam postingan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Seperti yang kita ketahui, pemerintah melalui kurikulum baru 2013 ini telah menetapkan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan sebagai mata pelajaran wajib di sekolah kita dan melalui mata pelajaran itulah nanti diharapkan para siswa akan dapat memahami mengapa wirausaha atau entreprenuer itu penting untuk kita pelajari.

Dalam kurikulum 2013 pemerintah telah menetapkan tujuan mengapa wirausaha ini menjadi sesuatu hal yang penting untuk dipelajari dan diberikan di sekolah diantaranya adalah :
  • Memfasilitasi peserta didik mampu berekspresi kreatif melalui keterampilan teknik berkarya ergonomis, teknologi dan ekonomis.
  • Melatih keterampilan mencipta karya berbasis estetis, artistik, ekosistem dan teknologis
  • Melatih memanfaatkan media dan bahan berkarya seni dan teknologi melalui prinsip ergonomis, hygienis, tepat-cekat-cepat, ekosistemik dan metakognitif.
  • Menghasilkan karya jadi maupun apresiatif yang siap dimanfaatkan dalam kehidupan, maupun berisfat wawasan dan landasan pengembangan apropriatif terhadap teknologi terbarukan dan teknologi kearifan lokal.
  • Menumbuhkembangkan jiwa wirausaha melalui melatih dan mengelola penciptaan karya (produksi), mengemas, dan usaha menjual berdasarkan prinsip ekonomis, ekosistemik dan ergonomis.
Kata kunci dari apa yang menjadi tujuan belajar wirausaha seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam kurikulum 2013 di atas adalah KREATIF atau KREATIFITAS. Jadi dalam hal ini kalian yang sedang duduk di bangku sekolah pun haruslah memiliki sikap dan jiwa kreatif ini. Sikap kreatif memang setiap manusia memilikinya akan tetapi jika itu tidak diolah dan dikelola secara baik maka sikap itu tidak akan pernah bisa dimunculkan. lalu bagaimana cara mengolah dan mengelolannya? jawabannya adalah dengan MEMPELAJARINYA !.

Kembali ke topik utama kita, Apa Pentingnya Kita Belajar Wirausaha Itu? maka dapatlah kita simpulkan mengapa kita perlu belajar wirausaha ini adalah :

Tujuan
  • Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas
  • Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat
  • Membudayakan semangat, sikap, perilaku wirausaha, serta kemampuan berwirausaha di kalangan masyarakat yang mampu, andal, dan unggul.
  • Menumbuh kembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap masyarakat
Manfaat
  • Sebagai generator pembangunan lingkungan, pribadi, distribusi, pemeliharaan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat. Menjadi contoh bagi masyarakat sebagai pribadi yang unggul dan patut diteladani
  • Dapat memberi bantuan kepada orang lain dan pembangunan sosial sesuai dengan kemampuanya
  • Menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran
  • Dapat mendidik masyarakat untuk hidup efisien dan tidak boros
Demikian ulasan singkat tentang apa pentingnya kita belajar wirausaha terutama kita yang saat ini duduk di sekolah menangh atas. Semoga tulisna ini bisa bermanfaat dan berguna. Amin!.
admin
Ringkasan Tentang Penulis

Judul artikel ini adalah Apa Pentingnya Kita Belajar Wirausaha Itu?. Jangan lupa share ke facebook, twitter ataupun G+ dengan tombol share di bawah ini
Free Update artikel for you here....!!!
Di posting oleh : Unknown , Update pada : 10.40 | ► 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar