Welcome to media belajar prakarya dan kewirausahaan di SMAN 1 Praya

Senin, 30 Juni 2014

Pentingnya Kreatifitas dan Inovasi Dalam Wirausaha

Pentingnya Kreatifitas dan Inovasi Dalam Wirausaha

Pentingnya Kreatifitas dan Inovasi Dalam Wirausaha - Dalam berbagai artikel tentang wirausaha atau entreprenuer seringkali kita mendengar munculnya istilah kratifitas dan inovasi ini namun apakah kita mengetahui apa pengertian dan definisi kratifitas dan inovasi ini? Baiklah mari coba kita bahas dalam postingan yang sengaja saya tulis di blog ini agar kita sama sama mengerti dan memahaminya.

Kreatifitas adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang member kesempatan individu untuk menciptakan ide2 asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang” (Widyatun,1999)

Kreatifitas adalah kemampuan untuk menentukan pertalian baru, melihat subjek dari perspektif baru, dan menentukan kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah tercetak dalam pikiran” (James R. Evans, 1994)

Kreatifitas adalah suatu kemampuan berpikir ataupun melakukan tindakan yang bertujuan untuk mencari pemecahan sebuah kondisi ataupun permasalahan secara cerdas, berbeda (out of the box), tidak umum, orisinil, serta membawa hasil yang tepat dan bermanfaat” (inginhilangingatan, 2009)

Sedangkan inovasi disini memiliki pengertian kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang benar-benar baru yang orisinil, serta bermanfaat bagi banyak orang.

Jadi, kreatifitas disini adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda, sedangkan inovasi merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda. Sesuatu yang baru dan berbeda tersebut dapat dalam bentuk hasil seperti barang dan jasa, dan bisa dalam bentuk proses seperti ide, metode, dan cara. Sesuatu yang baru dan berbeda yang diciptakan melalui proses berpikir kreatif dan bertindak inovatif merupakan nilai tambah (value added) dan merupakan keunggulan yang berharga. Nilai tambah yang berharga adalah sumber peluang bagi wirausaha. Ide kreatif akan muncul apabila wirausaha "look at old and think something new or different".

Saya akan contohkan kreatifitas dan inovasi ini dalam sebuah ilustrasi sebagai berikut :

Bu Dani meminta murid-muridnya untuk membungkus kado yang berbentuk persegi. Dengan cepat semua murid mengerjakan. Setelah dikumpulkan kado Yuniar berbeda dengan yang lain. Bungkusnya sangat menarik, tidak persegi seperti yang lain, tetapi dibuat bentuk menarik dengan hiasan dari sisa bungkus kado. Hal ini menunjukkan bahwa Yuniar memiliki kreatifitas karena dia telah memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda

Zaskia membeli sandal jepit dengan harga Rp  6.000,- tetapi kemudian timbul idenya untuk menambahkan payet warna-warna dan hiasan pita pada sandal tersebut, sehingga harga jualnya menjadi Rp  12.000,-. Jadi yang dilakukan oleh Zaskia menunjukkan sikap inovatif karena dia mampu membentuk barang yang dibelinya menjadi suatu bentuk yang baru dan berbeda"

Demikianlah, yang dimaksud dengan kreatifitas dan inovasi yang saya contoohkan dalam bentuk ilustrasi di atas.

Sukses wirausaha akan sangat tergantung salah satunya adalah dari dua istilah di atas yaitu kreatifitas dan inovasi. Jika kedua hal tersebut di atas bisa anda olah dan kelola dalam diri anda niscaya untuk sukses berwirausaha akan sangat mudah untuk anda bisa raih. Kreatifitas dan inovasi uitu sebenarnya sudah ada dalam diri setiap individu namun jika keduanya tersebut tidak dilatih dan dipelajari maka kreatifitas dan inovasi itu hanya akan menjadi sesuatu yang terpendam dan tidak memiliki nilai guna. Oleh karena itu mulai sekarang cara terbaik untuk membangkitkan atau memunculkan kreatifitas dan inovasi itu adalah dengan mempelajari dan melatih kreatifitas anda sehingga nantinya keduanya akan bisa muncul ke permukaan dan memiliki manfaat bagi anda.

Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2013/10/26/pengertian-kreatif-dan-inovatif-604069.html
admin
Ringkasan Tentang Penulis

Judul artikel ini adalah Pentingnya Kreatifitas dan Inovasi Dalam Wirausaha. Jangan lupa share ke facebook, twitter ataupun G+ dengan tombol share di bawah ini
Free Update artikel for you here....!!!
Di posting oleh : Unknown , Update pada : 08.02 | ► 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar