Welcome to media belajar prakarya dan kewirausahaan di SMAN 1 Praya

Minggu, 29 Juni 2014

Apa itu Entreprenuer?

Apa itu Entreprenuer?

Apa itu entreprenuer? tentu ini menjadi pertanyaan yang akan kalian ajukan khan? Baiklah sebelum kalian mengajukan pertanyaan tersebut, saya akan langsung menjawabnya saja dan semoga saja nanti postingan ini bisa memberi pemahaman dan pengetahuan bagi kita semua.

Beberapa Pendapat Para Ahli Tentang Entreprenuer atau Wirausaha


Entreprenuer menurut pecentus istilah ini yaitu Richard Cantillon (1755) adalah seseorang yang berani menangung resiko. Menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha.

Jean Batiste (1810) entrepreneur adalah sorang koordinator produksi dengan kemampuan manajerial,bisa dikatakan sebagai the pivot on which everything turns,pusat dari bergeraknya segala sesuatu,ditangan entrepreneur sesuatu yang masih abstrak,bisa diwujudkan menjadi sesuatu yang bisa dinikmati orang banyak (Harefa dan Siadari, 2007)

Schumpter (1942) mendefinisikan entreprenueur sebagai seorang inovetor yang kreatif, sebagai inovator yang kreatif mereka dilihat sebagai seorang yang menyimpang dari segi sosial,menyimpang karena memilih yang berbeda dari orang kebanyakan,ketika memilih untuk mendirikan bisnisnya sendiri mereka ingin berkarya menghasilkan yang terbaik.

Lognecker (2000), entrepreneur adalah seorang yang memulai atau mengoperasikan sebuah bisnis, sedangkan menurut Zimmerrer dan Scarborough (2002) entrepreneur adalah seorang yang menciptakan sebuah bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidak pastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumberdaya yang diperlukan untuk mendirikannya.

Sedangkan pendapat lain tentang entreprenuer ini juga datang dari para ahli yang ada di Indonesia diantaranya :

# SYAMSUDIN SURYANA
Entreprenuer atau wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.

# PRAWIROKUSUMO
Wirausaha atau entreprenuer adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

SOEPARMAN SPEMAHAMIDJAJA
Wirausaha atau entreprenuer adalah seseorang yang memiliki kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup

Meskipun berbeda definisi memandang entrepreneur atau wirausaha ini berbeda karena cara pandang atau perspektif yang agak berbeda dari para ahli di atas, namun semua mengandung unsur yang mirip seperti kemutakhiran (newness),penciptaan (creating), kekayaan (wealth), serta pengambilan resiko (risk taking).

Demikian ulasan tentang definisi dan pengertian entreprenuer ini semoga saja apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Sumber : http://rezkirasyak.blogspot.com/2013/02/apa-itu-entrepreneur-what-is.html
admin
Ringkasan Tentang Penulis

Judul artikel ini adalah Apa itu Entreprenuer?. Jangan lupa share ke facebook, twitter ataupun G+ dengan tombol share di bawah ini
Free Update artikel for you here....!!!
Di posting oleh : Unknown , Update pada : 07.09 | ► 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar